Materi bhs. Indonesia


Materi bahasa

  1. Makna menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah  pengertian yang diberikan kepada suatu bentuk kebebasan. Makna dlm bahasa Indonesia dipelajari dalam ilmu semantik yaitu bagian ilmu tata bahasa yang mempelajari makna kata dan perkembangan makna tersebut.
  2. Parafrasa adalah proses atau hasil mengungkapkankembali suatu tuturan dari sebuah tingkatan atau macam bahasa yang lain tanpa mengubah pengertian,selanjutnya parafrasa diartikan penguraian kembali suatu teks (karangan) dalam bentuk (susunan kata) yang lain dengan maksud untuk dapat menjelaskan makna yang tersembunyi. Dari pengertian di atas dapat kita ambil beberapa hal yang penting di antaranya adalah bahwa parafrasa itu mengungkapkan kembali sebuah tingkat bentuk satuan berupa kalimat, paragraf ataupun wacana dengan bentuk yang lain dengan tidak mengubah  pengertian dan bertujuan untuk memperjelas maksud.
  3. Pada umunya memulai percakapan, seseorang harus memperhatikan waktu, situasi dan siapa yang diajak bercakap-cakap. Pada situasi resmi, percakapan langsung  berupa ungkapan yang lazim dipakai untuk mengawali  percakapananatara lain:

Kata atau ungkapan:

  1. Selamat pagi
  2. Assalamu’alaikum
  3. Salam sejahtera
  4. Semoga bahagia

Sapaan dan salam, lazim diikiuti ucapan syukur ke hadirat Tuhan dan ucapan terima kasih kepadahadirin. Dalam situasi resmi yang tidak bersifat tatap muka langsung sering kita simak gabungan-gabungan salam, misalnya:

  1. Pendengar yang budiman, assalamu’alaikum wr. Wb
  2. Pemirsa yang berbahagia, assalamu’alaikum wr. Wb
  3. Selamat berjumpa lagi lagi dalam acara….

Dalam situasi santai atau nonformal, sering kita jumpai pembicara memulai percakapan dengan ungkapan  sebagai berikut:

  1. Hai, apa kabar?
  2. Mat pagi…, siang… sore….dst….

Negosiasi merupakan proses tawar-menawar dengan jalan berunding untuk memberi atau menerima, guna mencapai  suatu kesepakatan bersama antara satu pihak dengan pihak lain. Dengan bernegosiasi diharapkan dengan kalimat yang menarik dan tepat.

 

Negosiasi dapat digunakan dalam berbgai kegiatan, di anataranya adalahg kegiatan perdagangan, sosial, masalah hukum, sengketa dan lain-lain. Dengan bernegosiasi maka semua masalah dapat diselesaikan dengan baik.

 

Rangkuman atau ringkasan  adalah penyajian kembali (reproduksi) suatu karya tulis atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat. Ringkasan juga berarti sari tulisan tanpa hiasan. Ringkasan itu dapat merupakan ringkasan sebuah buku, ringkasan sebuah bab, ataupun ringkasan sebuah artikel.

 

Fungsi rangkuman atau ringkasan ada 3, yaitu: 1. Memahami dan mengetahui isi sebuah buku atau tulisan, 2. Dapat mempelajari cara seseorang menyusun pikirannya dlm gagasan-gagasan yang  diatur dari gagasan yang besar menuju ke gagasan-gagasan penunjang, dan 3. Melalui ringkasan , kita dapat mengungkapkan pokok  pikiran dan tujuan penulis.

 

Untuk memperoleh rangkuman yang baik, kita haius menghilangkan bagian-bagian di dalam tulisan, yaitu: 1. Keindahan bahasa, 2. Ilustarsi atau contoh, 3. Penjelasan yang terperinci.

 

Syarat rangkuman atau ringkasan yang baik adalah: 1. Tetap mempertahankan urutan pikiran dan cara pendekatan penulis asli. 2. Tidak mengandung hal pikiran., atau opini dari peringkas, 3. Disampaikan dengan suara asli penulis.

 

About these ads
Both comments and trackbacks are currently closed.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: