Menyimpulkan Informasi dengan Teknik Induktif dan Deduktif


Teknik membuat simpulan ada dua macam cara, yaitu:

1. Induktif: yaitu teknik membuat sipulan induktif disusun mulai dari pengumpulan data/fakta dan berakhir pada simpulan yang merupakan ciri umum dari data/fakta yang diamati.

2. Deduktif: yaitu teknik membuat simpulan yang bertolak dari suatu kesimpulan umum, kemudian dijabarkan contoh-contoh yang mengandung ciri-ciri umum itu.

Contoh simpulan Induktif:

Pelaksanaan program Keluarga Berencana di Kecamatan Cilincing bermacam-macam. Ada yang melaksanakan KB dengan melakukan pantang berkala,  vasektomi, pil, spiral (IUD) dan kondom. Penduduk daerah keacamatan Cilincing telah lama melaksanakan Program KB. Banyak di antaranya yang sudah ber-KB lebih dari sepuluh tahun (KB Lestari). Presentase jumlah peserta KB seluruhnya ada 75%. Itulah sebabnya Kecamatan Cilincing dinyatakan sebgai juara I Program KB tingkat Kota Madya. Hadiahnya berupa TV LCD dan DVD.

Contoh simpulan deduktif:

Baru-baru ini di kecamatan Cilincing mendapat hadiah dari Bapak Walikota berupa sebuah TV. Hadiah ini diberikan atas keberhasilan penduduk kecamatan Cilincing dalam melaksanakan program KB yang telah berlangsung lama. Dalam melaksanakan program KB ini ada bermacam-macam cara yabg ditempuh oleh penduduk pasangan usia subur di kecamatan tersebut. Sebagian besar menggunakan alat kontrasepsi yang disebut kondom, spiral (IUD), pil, vasektomi dan ada pula yang melaksanakan pantang berkala.

Langkah-langkah membuat simpulan induktif:

1. Pengumpulan fakta

2. Pembuatan simpulan berdasarkan ciri umum.

 

Both comments and trackbacks are currently closed.
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: