soal-soal bhs. indonesia kls 3


P-1

 

PEMERINTAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA

SUKU DINAS DIKMENTI KODYA JAKARTA UTARA

TEST KENDALI MUTU (TKM) SEMESTER GASAL

TAHUN PELAJARAN 2007/2008

 

LEMBAR SOAL

 

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

Satuan Pendidikan        : SMK

Tingkat             : III ( tiga )

Kelompok                    : TI / BM / Pariwisata

Hari/Tanggal                 : Selasa, 4 Desember 2007

Alokasi Waktu : 90 menit          

Dimulai Pukul               : 07.00 WIB

Diakhiri Pukul               : 08.30 WIB

PETUNJUK UMUM

  1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pada Lembar Jawaban Komputer.
  2. Lembar Jawaban Komputer dikerjakan dengan menggunakan pensil 2 B, dengan cara menghitamkan bulatan yang dianggap benar.
  3. Periksa dan bacalah dengan cermat setiap soal sebelum menjawab.
  4. Laporkan kepada pengawas TKM bila ada tulisan yang kurang jelas, rusak, atau jumlah soal kurang.
  5. Jumlah Soal 50 (lima puluh) butir pilihan ganda dan semua harus dijawab.
  6. Dahulukan menjawab soal yang kamu anggap mudah.
  7. Dilaraang membawa dan menggunakan Kamus, Kalkurator, Handphone, dan alat elektronik lainnya.
  8. Periksa dahulu pekerjaan kamu sebelum diserahkan kepada pengawas TKM.

 

PETUNJUK KHUSUS :

  1. Pilihlah satu jawaban yang tepat dengan menghitamkan secara penuh bulatan jawaban Anda, dengan menggunakan pensil  2B.

 

Contoh menjawab

                A    B    C     D     C             Salah                A     B     C    D     C          Salah

               A     B     C    D     C             Salah                A     B     C    D    C           Benar

  1. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan karet penghapus hingga bersih, kemudian bulatkan pilihan jawaban yang Anda anggap benar.

 

  1. Presiden Dr. Susilo Bambang Yudoyono baru-baru ini melakukan anjangkarya ke pelabuhan bebas Sabang.

Makna yang tepat untuk kata anjangkarya ialah …..

  1. Kunjungan untuk silaturahmi.
  2. Kunjungan untuk dinas.
  3. Perjalanan wisata.
  4. Perjalanan peninjauan.
  5. Perjalan kerja social.

 

  1. Seseorang yang tidak tetap pendiriannya dapat diungkapkan dalam pribahasa … 
    1. seperti air dan minyak
    2. air beriak tanda tak dalam
    3. air tenang menghanyutkan
    4. seperti air di daunt alas
    5. air bah batu bersibak

 

  1. Majas metafora digunakan pada kalimat …… 
    1. Bulan bersembunyi dibalik awan
    2. Suami banyak berperan sebagai tiang keluarga
    3. Kami mundur kebelakang menghadapi situasi krisis ini
    4. Ia terasa kesepian di Jakarta yang ramai ini
    5. Datanglah ke pondok kami di Pondok Indah.

 

  1. AKU  

Kalau sampai waktuku

Kumau tak seorang kan merayu

Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

                  Aku, Karya Chairil Anwar

Unsur intrik yang mencolok dalam pemenggalan puisi diatas ialah ……..

  1. rima/ persajakan
  2. intonasi
  3. pemilihan kata
  4. jumlah baris
  5. tema

 

  1.         Kami membaca habis catatan satu sama lain “ kita banyak kesamaan “ katanya. Sembilan tahun sudah kini, aku dan Alice menikah. Tiga anak telah kami miliki, dua laki-laki dan seorang perempuan. Kami tinggal di pinggiran kota, dan banyak mendengarkan musik klasik dan PH-nya Frankie Laine. Penghabisan kali kami mempertengkarkan bahwa terlalu jauh untuk mengigat-ingat. Kami sepakat hamper setiap hal. Dia adalah seorang istri yang baik, dan jika aku boleh mengatakannya juga, akupun seorang suami yang baik. Perkawinan kami begitu sempurna. Kami akan bercerai bulan depan. Aku tak kuasa menahannya. 

Tite Perfec Macth

Diterjemahkan oleh Sumarsonno.

Amanat yang bias disampaikan melalui kutipan diatas adalah …….

  1. Balam berjodoh diperlukan adanya kesamaan hobi.
  2. Perlu adanya kesenangan-kesenangan yang berpadanan.
  3. Perlu adanya saling pengertian.
  4. Perlu adanya kesepakatan-kesepakatan bersama.
  5. Kalau perceraian terjadi tak ada alas an untuk menahan.

 

  1.       Ketika itu sersan Kasim telah setengah tahun menikah. Istrinya yang belia sudah lima bulan mengandung. Namun, ia memaksa mengikuti suaminya ke wilayah kekuasaan Republik. Pernah terpikir oleh Kasim untuk mnitipkan istrinya kepada mertuanya di Pager Ageung, tapi waktunya tidak ada. Lagi pula, Aminah tak mau ditinggalkan suaminya. Ia bersitegang hendak ikut. Dan, siapa yang tahan terhadap sifat keras kepala seorang wanita yang mengandung ? 

Dua, bulan setelah  mereka tiba di Yogya, Acep dilahirkan. Matanya hitam tajam meskipun badannya sangat kecil. Rambutnya lebat seperti hutan-hutan di priangan. Tapi untuk melahirkan anaknya, Aminah telah menggunakan sisa-sisa tenaga rapuhnya yang terakhir. Ia meninggal sehari kemudian karena kepayahan. Acep dapat dipertahankan hidupnya berkat rawatan khusus para dokter dan juru rawat rumah sakit tentara.

                                                                              Dari : Sungai

Penggalan cerita di atas menggunakan alur ……..

  1. alur kronologis
  2. alur sorot balik
  3. alur campuran
  4. alur tengah
  5. alur puncak

 

  1. …………Ayah, Manen, melihat insiyur muda itu tiba-tiba sangat rajin berkunjung. Cuma mengatakan, “selesaikan pelajaranmu dulu Manen, zaman sekarang seorang wanita sebaiknya dapat berdiri sendiri, apalagi kalau ia dapat membangun masyarakat.”

Amanat yang paling tepat dalam penggalan novel di atas adalah ……

  1. wanita sebaiknya bisa mandiri
  2. wanita harus bermasyarakat
  3. pendidikan suami-istri harus seimbang
  4. wanita tidak boleh kalah dengan pria
  5. cita-cita jangan sampai gagal

 

  1. ………….

Satu kekasih

Aku manusia

Rindu rasa

Rindu rupa

…………….

      Padamu Jua oleh Amir Hamzah.

Diantara unsur puisi dibawah ini yang tidak ditemukan pada penggalan puisi diatas adalah …..

  1. makna konotatif
  2. makna denotative
  3. lirik
  4. bait
  5. alur

 

  1. Padamu Jua

Habis kikis

Segala cintaku hilang terbang

Pulang kembali aku padamu

Seperti dahulu

                  Kaulah kandil kemerlap

                  Pelita jendela di malam gelap

                  Melambai pulang perlahan

                  Sabar setia selalu

………….

Kata kandil (lilin) dalam puisi diatas melambangkan ………

  1. lampu yang menerangkan ruang
  2. sinar yang bercahaya terang
  3. ilmu yang diperlukan setiap orang
  4. Tuhan yang memberi petunjuk
  5. Kekasih yang memberikan kebahagiaan

 

  1. ………

Tuhanku

Aku hilang bentuk

Remuk

Tuhanku

Aku mengembara dinegeri asing

                  Choiril Anwar

Penggalan puisi diatas menyatakan …….

  1. suasana duka
  2. susasan hati yang bimbang
  3. kecelakaan seseorang
  4. ketidaktauan jalan ke negeri asing
  5. keinginan untuk merantau

 

  1. Sebagai akhir sambutan ini saya mengutip peribahasa tiada gading yang tak retak. Tiada manusia yang tanpa cacat. Oleh karena itu saya mohon maaf sekiranya ada tutur kata saya yang kurang berkenan dihati hadirin.

Pribahasa yang senada dengan pribahasa dalam taks diatas adalah ……

  1. Dimana bumi dipijak, disitu langitdijunjung.
  2. Bumi mana yang tak nena hujan
  3. Panas setahun hapus oleh hujan sehari.
  4. Bagai hujan jatuh ke pasir
  5. Air jernih ikannya jinak.

 

  1. Berjalan selangkah menghadap surut, berkata sepatah dipikiri.

Pribahasa diatas artinya ……

  1. selalu berhati-hati dalam melakukan setiap perkerjaan
  2. tutur kata seseorang menunjukan asal usulnya
  3. biarpun banyak rintangan rencana tetap jalan.
  4. perkataan orang kecil tidak mempengaruhi orang besar
  5. dalam melakukan pekerjaan hendaklah sampai tuntas

 

  1. Sebelum kami berpisah siang itu, ia mengajakku berdoa, untuk mengucapkan terima kasih pada Tuhan atas pertemuan yang disebutkan sangat indah ini. Mataku yang terpejam dalam doa terasa hangat, tersentuh oleh seluruh kata-kata yang diucapkan dalam doa.

Nilai yang menonjol dalm kutipan cerpen diatas adalah ….

  1. nilai budaya
  2. nilao normal
  3. nilai agama
  4. nilai sastra
  5. nilai sosia

 

  1. Suatu gaya bahasa yang mengandung pertanyaan yang sengaja melebih-lebihkan isi pertanyaan, baik dari segi jumlah, ukurannya, maupun sifatnya, dengan maksud untuk memperhebat atau meningkatkan kesan serta pengaruhnya disebut gaya bahasa ……..
    1. hiperbola
    2. paradoks
    3. klimaks
    4. litotes
    5. ironi

 

  1. Film itu sangat digemari oleh anak-anak remaja dan orang tua.

Kalimat diatas mengandung majas …..

  1. antitesis
  2. perumpamaan
  3. klimaks
  4. litotes
  5. iron

 

  1. Pergi …..! Muak aku mendengar cara bicaramu itu.

Kalimat diatas mengandung majas  …..

  1. ironi
  2. alusi
  3. sarkasme
  4. eufenisme
  5. eponym

 

  1. Bermain air basah, bermain api letup adalah contoh ……
    1. pepatah
    2. nasehat
    3. pantun
    4. ungkapan
    5. perumpamaan

 

  1. Seperti abu di atas tunggul adalah contoh ……..
    1. pepatah
    2. nasehat
    3. pantun
    4. ungkapan
    5. perumpamaan

 

  1. Perundingan antara dua Negara itu mengalami jalan buntu.

Jalan buntu dalam kata diatas bermakna …..

  1. jalan putus
  2. jalanya bercabang
  3. tidak ada tempat berbelok
  4. mengalami kegagalan
  5. putus asa

 

 

  1. Peristiwa tsunami sunggu merupakan tragedy nasional.

Kalimat diatas mengandung majas ……

  1. sinekdoke
  2. metanimia
  3. alusi
  4. eponym
  5. epitet

 

  1. Tampaknya wanita cantik itu kurang waras.

Kalimat diatas mengandung majas …..

  1. sinekdoke
  2. metanimia
  3. alusi
  4. eponym
  5. epitet

 

  1. Kelompok kata berikut yang bukan tergolong ungkapan adalah …..
    1. patah hati
    2. jatuh hati
    3. hati ayam
    4. makan hati
    5. buah hati

 

  1. Keluarga itu sedang menjadi perbincangan dikomplek kami.

Ungkapan yang tepat untuk kalimat diatas adalah …..

  1. sampah masyarakat
  2. buah bibir
  3. buah tangan
  4. tangan kanan
  5. kaki tangan

 

  1. Berikut ini hal-hal berkaitan dengan penilaian karya sastra.
    1. Karya itu mampu menghidupkan atau memperbaharui pengetahuan pembaca, menuntunnya melihat berbagai kanyataan hidup.
    2. Karya itu mampu merefleksikan kebenaran hidup manusia.
    3. Karya itu mampu membangkitkan aspirasi pada pembaca untuk berfikir dan berbuat lebih banyak dan lebih baik bagi penyempurnaan kehidupan.
    4. Karya itu mempunyai daya hidup tinggi yang senantiasa menarik bila dibaca kapan saja.
    5. Karya itu mampu memperlihatkan peristiwa masa kini dan masa dating.

Yang tergolong norma estetika dalam penilaian karya satra adalah …..

  1. I,II,III
  2. II,III,V
  3. I,III,V
  4. III.IV,V
  5. I,II,V

 

  1. Berikut ini bukan unsur intrinsic karya sastra adalah ………….
    1. budaya pengarang
    2. alur/plot
    3. tokoh
    4. tema
    5. latar

 

  1. Untuk karya tulis yang bertema teknik bertanam tumbuh tertentu, kerangka karya tulis yang baik adalah …..
    1. Pemeliharaan tanaman pengaturan jarak tanam, pemilihan bibit, pemberantasan hama, penanaman hasil.
    2. Pengaturan jarak tanam, pemilihan bibit, pemberantasan hama, penanaman hasil.
    3. Penanaman hasil, pemberantasan hama, pengaturan jarak tanam.
    4. Pemilihan bibit, pemeliharaan tanaman, pemberantasan hama, pengaturan jarak tanaman, pamanenan hasil.
    5. Pemilihan bibit, pemeliharaan tanaman, pemberantasan hama, pengaturan jarak tanaman, pemanenan hasil.

 

  1. (1) tetap tema karangan

(2) kembangkan kerangka karangan

(3) rumuskan tujuan

(4) kumpulkan bahan

(5) korensi dan tulis dalam bentuk yang rapi

(6) buatlah kerangka karangan.

Urutan langkah-langkah mengarang yang benar adalah …….

  1. 3,2,1,4,6,5
  2. 4,2,3,1,6,5
  3. 1,3,4,6,2,5
  4. 6,2,1,4,3,5
  5. 3,2,1,6,2,4,5

 

  1. Kata lain untuk istilah multi kultur adalah ……..
    1. keanekaragaman bahasa daerah
    2. keanekaragaman rumah adapt dan senjata tradisional
    3. keanekaragaman budaya
    4. keanekaragaman makanan daerah
    5. keanekaragaman kain tenun, tarian.

 

  1. Ekonomi Indonesia adalah naga kesekian yang sedang menggeliat bangun menyusul naga-naga lain dikawasan Asia. Kalimat diatas mengandung majas …..
    1. metafora
    2. pernonifikasi
    3. paradoks
    4. metonimia
    5. litotes

 

  1. Rangkaian ungkapan yang tidak tepat terdapat dalam ……..
    1. Ternyata ia petinju ayam sayur, sekali pukul roboh.
    2. Jepang mengibarkan bendera putih terhadap sekutu.
    3. Dokter itu bertangan dingin, mampu menyembuhkan pasien.
    4. Kita harus angkat topi terhadap keberhasilan anak itu.
    5. Kalau kita tak bekerja, alamt dapur tak berasap.

 

  1. Semua pengunaan ungkapan dibawah ini benar, kecuali …..
    1. anak yang otaknya brilian itu mampu menyelesaikan soal tersebut.
    2. Ia anak yang cepat kaki ringan tangan, sehingga disukai banyak orang.
    3. Presiden melakukan anjangkarya ke propinsi Papua.
    4. Untuk meningkatkan nilai ekspor non migas pemerintah melakukan revolusi hijau.
    5. Anak yang berotak udang itu, mendapat ranking terbaik dikelas.

 

  1. Beberapa tahun yang lalu cengkeh menjadi komoditi yang potensial, sekarang petani beralih membudayakan panili yang dijuluki emas hijau, emas hijau artinya
    1. nilai jual tinggi
    2. banyak keuntungan
    3. emas berwarna hijau
    4. banyak peminat
    5. cepat berubah

 

  1. Berikut ini yang bukan unsur ekstrinsik karya sastra adalah …..
    1. budaya pengarang
    2. agama pengarang
    3. kondisi politik
    4. perwatakan
    5. moral

 

  1. Jalinan peristiwa karya sastra untuk mencapai efek tertentu disebut ….
    1. budaya pengarang
    2. alut/plot
    3. tokoh
    4. tema
    5. latar

 

  1. Alur/plot pada akhir cerita merangsang pembaca untuk mengembangkan jalan cerita disebut ….
    1. plot terbuka
    2. plot tertup
    3. plot maju
    4. plot mundur
    5. plot campuran

 

  1. pengembangan mengenai waktu, tempat dan suasana terjadiperistiwa dalam cerpen disebut …..
    1. budaya pengarang
    2. alut/plot
    3. tokoh
    4. tema
    5. latar

 

  1. Tokoh protagonist adalah ….
    1. tokoh yang melawan cita-cita antagonis
    2. pihak ketiga yang berpihak pada kubu antagonis
    3. tokoh utama yang ingin mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi dalam mencapai cita-cita
    4. tokoh yang berada diluar antagonis dan tritagonis
    5. tokoh yang berpihak pada kubu manapun

 

  1. Tokoh yang melawan tujuan dan cita-cita protogonis disebut ….
    1. tokoh utama
    2. tokoh sampingan
    3. antagonis
    4. protagonist
    5. tritagonis

 

  1. Pertanyaan berikut ini yang tidak tepat untuk teks ilmiah adalah ….
    1. isi teks dapat berupa fakta social
    2. menggunakan bahasa Indonesia baku
    3. menggunakan pribahasa untuk menyampaikan maksud
    4. thesis merupakan salah satu contoh teks ilmiah
    5. teks ilmiah dapat berupa hasil penelitian

 

  1. Berikut ini yang bukan teks ilmiah adalah …..
    1. skripsi
    2. thesis
    3. hasil penelitian
    4. cerpen
    5. karya tulis

 

  1.       Kakek duduk di kursi goyang kesayangannya sambil membanca buku yang setia menemaninya. Sekelompok anak-anak  berdiri di depan pintu gerbang rumahnya kakek. Mereka serentak berseru “ kakek Sastro kami ingin dengar cerita kakek lagi” kkek lari tergopoh-gopoh menghampiri pintu gerbang kemudian membukanya, dalam waktu sekejap kakek sudah dikelilingi anak-anak yang siap mendengarkan cerita kakek dengan wajah antusias. Anak-anak berebut minta cerita yang mereka sukai. Dengan senang hati kakek memenuhi permintaan mereka. Tanpa merasa lelah sedikitpun, kakek asik bercerita hingga anak-anak tertidur pulas.

 

Karakter kakek pada penggalan cerita pendek tersebut adalah ….

  1. pemarah
  2. penyabar
  3. pendendam
  4. penyayang
  5. pemalu

 

  1. Ijah            : Pak, tolong bawakan belanjanku kedapur.

Dadang    : Iya sebentar, aku sedang tanggung meneruskan mimpi.

Ijah            : Tidur dari pagi sampai pagi lagi tidak ada capeknya.

Dadang    : Siapa tahu mimpiku kali membawa hoki. Lita bias kaya. Jah!

Ijah            : Kita bias kaya kalau kita kerja keras. Bukan tidur melulu.

Karakter Dadang pada penggalan drama tersebut adalah ….

  1. pemarah
  2. penyabar
  3. pendendam
  4. penyayang
  5. pemalu

 

  1.       Aditya mengeluarkan sepeda motornya, kemudia melesat meninggalkan kepulan asap knalpot. Ibunya mengusap dada, matanya menerawang jauh mengikuti asap motor yang kian menghilang. Anak tunggalnya kini sudah tidak bias diharapkan lagi. Semua nasehatnya sudah tidak didengar apalagi dipatuhi. Direbahkannya tubuhnya yang ringkih diatas tempat tidur. Terbayang wajah ayah Aditiya yang telah lama tiada. Perlahan-lahan airmata bening mengalir membasahi bantal.

Setengah sadar, ibu Aditya mendengar suara pintu yang diketuk berulang-ulang. Dia segera bangun, mencari-cari sandal dibawah tempat tidur dan berjalan tertaih kearah pintu. Seorang laki-laki berdiri didepan pintu. Dengan suara terbata-bata menyampaikan bahwa Aditya kecelakaan dan berada dirumah sakit. Ibu Aditya terduduk lemas, tak berdaya.

Amanat yang terdapat pada penggalan cerita tersebut adalah ….

  1. seorang ibu harus tabah dalam menghadapi berbagai cobaan.
  2. Seseorang manusia harus saling menolong.
  3. Seorang anak harus berbakti pada orang tuanya.
  4. Anak yang tidak patuh pada ibunya akan mendapat celaka.
  5. Seorang ibu harus mendoakan anaknya.

 

  1. Karim        : Sudah sepuluh purnama ayah tidak pulang ya Bu.

  Aku merindukan candanya yang ceria, sorot matanya yang jenaka, dan nasihatnya yang menyejukan.

Ibu             : Sabar, Nak. Jangan putus-putus kita berdoa, semoga ayahmu dalam lindungan Tuhan.

Karim        : Ibu, dengan ayah tidak ada masalah kan ?

Ibu             : (sambil memeluk Karim) Maafkan Ibu, Nak.

                     Ibu tidak bias menerima ayah lagi, sejak dia menikahi perempuan desa seberang.

Karim        : (Memandang wajah ibunya sambil menahan dadanya yang sakit akibat sakit paru-paru yang dideritanya). Mengapa selama ini ibu menceritakannya pada Karim Bu ?

Amanat yang  terdapat pada penggalan drama tersebut adalah ….

  1. Anak harus menerima apa pun keputusan orang tua.
  2. Orang tua harus merahasiakan masalah kepada anaknya.
  3. Bila orang tua berpisah, maka anak akan menjadi korban
  4. Menjadi orang tua yang baik sangat sulit.
  5. Orang tua harus berusaha banyak belajar tentang berbagai hal.

 

  1.       Dikampungku bukan hal aneh dan bukan rahasia jika seorang duta (perantau keluar negeri) yang akan berangkat mengadakan selamatan terlebih dahulu.  Semua warga diundang. Perangkat desa pun tak luput diminta hadir. Mereka diminta doa restu. Tuan rumah menyiapkan berbagai makanan khas.

      “ Bapak-bapak, ibu-ibu, serta handai tauladan semua, saya mohon doa restu agar usaha saya lancar. Saya berjanji jika usaha saya berhasil nanti, saya akan membangun kanal dilingkungan kita ini. “ Demikian kudengar ayahku melanjutkan sambutannya.

      Sebagaimana para duta lainnya, mereka memang sering berjanji untuk mendermakan sebagaian hasilnya untuk kepentingan masyarakat. Bagi para duta, janji semacam itu sama halnya dengan sebuah nazar, sebuah sumpah suci yang harus ditepati,  bukan sekedar pemanis di bibir saja.

Latar budaya yang terdapat pada penggalan cerpen tersebut adalah ….

  1. Selamatan bagi duta yang akan berakat
  2. Janji duta yang bukan janji palsu.
  3. Sambutan orang tua duta
  4. Sumpah suci yang harus di tepati
  5. Makanan khas daerah yang dinikmati bersama

 

  1. Bau tanah yang disiram hujan setelah lama kemarau, kunikmati dengan segenap perasaan. Kuhirup oksigen dalam-dalam sambil memuji keagungan-Nya. Rumah tua peninggalan almarhum ibu, dengan halan yang luas sudah dua tahun ini ku tinggali. Aneka tanaman hias dan tanaman buah yang tertata apik, membuat aku betah dirumah. Bangku panjang dibawah pohon matoa adalah tempat favoritku untuk menikmati semilir angin dan harum bunga cempaka dikala senja.

Unsur intrisik yang dominan penggalan cerpen tersebut adalah …..

  1. tema
  2. penokohan
  3. amanat
  4. seting
  5. alur

 

  1.       Kulukis wajahmu

Di pelataran rinduku yang biru

Kucari sosokmu

Di lembar-lembar mimpiku

Namun kau tetap sanar

Ingin segera kuakhiri

Penantian ini

Tema penggalan puisi tersebut adalah …..

  1. lukisan wajah yang dirindukan
  2. sebuah sosok yang dirindukan
  3. mimpi yang berlembar-lembar
  4. bayangan samara-samar yang menggoda
  5. penantian yang akan berakhir

 

  1.       Diatas meja

Bungkus-bungkus rokok mengeluh

Dan debu kertas tak ramah lagi bicara

Inikah seribu masa silam dan

Catatan tentang dosa kita ?

Majas yang terdapat pada puisi tersebut adalah …..

  1. personofiksi
  2. metafora
  3. paradoks
  4. litotes
  5. hiperbola

 

  1. Ingin kupersembakan kepadamu

Sajak-sajak yang sederhana

Pikiran-pikiran yang sederhana

Perasaan-perasaan sederhana

Sebab hidup ini pun sederhana

Unsur intrisik yang dominant pada puisi tersebut adalah …..

  1. rima
  2. tema
  3. majas
  4. amanat
  5. diksi

 

  1. Hati-hatilah menghadapi orang yang sedang …., salah bicara bias ditampar.

Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah ….

  1. makan hati
  2. makan bawang
  3. makan tulang
  4. makan angin
  5. makan garam
Both comments and trackbacks are currently closed.
%d blogger menyukai ini: