Kumpulan Hadis:


Kumpulan Hadis:

1. Dari Abu Hurairah r.a.: Ada 2 perkara pada manusia, yg keduanya dpt menyebabkan mereka kafir:1. mencela turunan (orang lain); 2. meratapi mayat. (HR muslim)

 2. Dari Abu Hurairah r.a.: “Demi Allah yg nyawaku dlm kuasa-Nya, kelak akan datang suatu masa di mana seorang pembunuh tidak tahu untuk apa ia membunuh, sedang korban yg tewas tidak tahu pula karena apa  ia dibunuh.” (HR Muslim).

3. Dari Ibnu Abbas r.a.: “Barang siapa berbicara pada hari Jum’at padahal imam sedang berkhutbah, maka ia seperti himar yg membawa kitab, sedang orang yg berkata padanya:’diamlah’, maka ia tidak mendapatkan Jum’at itu.” (HR Ahmad).

4. Dari Abdullah bin Amr: “Allah mengampuni segala dosa orang yg gugur dlm peperangan, kecuali utangnya.” (HR Muslim dan Ahmad).

5. Dari Jabir r.a.: Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah menjajikan bagi setiap orang yg meminum minuman memabukkan akan diberi-Nya (kelak di akhirat) sejenis minuman terbuat dari “thinatil khabal”. Lalu para sahabat bertanya: Ya Rasulullah! apa itu thinatil khabal? Jawab beliau:”Keringat penduduk neraka.” (HR Muslim).

6. Dari Hudzaifah r.a.: Janganlah kamu memakai sutera dan sutera bergambar, dan janganlah kamu minum di bejana (dari) emas dan perak, dan janganlah kamu makan pada piring dari keduanya, karena sesungguhnya keduanyam itu adalah untuk mereka (kafirin) di dunia dan untuk kamu di akhirat. (HR Ahmad, Bukhari & Muslim).

7. Dari Abu Hurairah r.a.: Nabi Muhammad saw bertemu di jln dgn seorang tua yg berjalan dituntun oleh dua orang anaknya. Lalu beliau bertanya, “Bagaimana bapak tua ini?” Jawab kedua anaknya, “Ya,Rasulullah! Beliau memenuhi nazarnya.” Lalu bersabda Nabi saw, “Hai bapak tua naik kendaraanlah! Sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak butuh) akan nazar yg seperti iti.” (HR Muslim).

8. Barang siapa sesudah shalat (fardhu) berzikir; “Subhanallah” 33x dan Alhamdulillah” 33x dan ‘Allahu Akbar” 33x lalu genap seratus dgn “Laailaha Illallah wahdahula syarikalahu, lahulmulku walahul hamdu wa huwa’ala kulli syai’in Qadir.” Makaakan diampuni dosa-dosanya sebanyak buih di lautan. (HR Muslim).

9. Dari Abu Hurairah r.a.: Tahukah kamu apa yg dikatakan ghibah (gunjingan). Jawab para sahabat: Allah dan Rasul-Nya yg lebih tahu. Sabda Rasulullah saw, “Ghibah yaitu mempercakapkan saudaramu ttg hal yg tidak disukainya.”Ditanya orang beliau, “Bagaimana kalau yang kami percakapkan itu benar? Jawab Beliau, “ Jika yg kamu ucapkan benar, berarti kamu menggunjing. Dan jika tidak benar, berarti kamu melakukan suatu kebohongan ttg dirinya.: (HR Muslim).

10.Dari Abu Hurairah r.a.: Sesungguhnya malaikat senantiasa mendoakan seseorang kamu, selama dia masih berada di tempatnya shalat dan wudhunya belum batal. Katanya: “Wahai Allah dia, dan berilah dia rahmat.” Dan dia dianggap seperti dlm shalat selama dia menunggu-nunggu waktushalat. (HR Muslim).

11. Sesungguhnya ucapan yg paling benar adalah Kitabullah dan sebaik-baik jalan hidup ialah jalan hidup Muhammad, sedangkan seburuk-buruk urusan agama adalah yg diada-adakan adalah bid’ah, dan tiap bid’ah adalah sesat, dan tiap kesesatan (menjurus) ke neraka. (HR Muslim).

12. Mendekati kiamat akan terjadi fitnah-fitnah seolah-olah kepingan-kepingan malam yg gelap gulita. Seorang yg pagi hari beriman, maka pada sore harinya menjadi kafir, dan orang yg pada sore harinya beriman, maka pada pagi harinya menjadi kafir, dia menjual agamanya dgn imbalan) harta benda dunia. (HR Abu Dawud).

13. Dari Abu Hurairah r.a.: Apabila tiba hari Jum’at,  malaikat-malaikat berada di tiap-tiap pintu masjid. Mereka menuliskan satu demi satu, menurut urutan mana yg paling dahulu. Bila imam telah duduk (akan berkhutbah), mereka menutup bukunya dan mereka ikut mendengarkan pengajaran (khutbah). (HR Bukhari)

Both comments and trackbacks are currently closed.
%d blogger menyukai ini: