ketuntasan standar minimal


Format : A

PENENTUAN STANDAR KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR

 MATA PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Kelas : X

A. Kemampuan Berbahasa

 

MENDENGARKAN

Standar Kompetensi  : 1. Mampu memahami dan menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra melalui mendengarkan informasi (siaran berita dan nonberita) baik dari media elektronik maupun cerita yang disampaikan secara langsung atau melalui rekaman

 

 

Kompetensi Dasar / Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
1.1    Mendengarkan siaran atau informasi dari  media elektronika, tuturan langsung, atau  pembacaan teks, dan  memberikan tanggapan.

  • Mencatat isi atau pesan pokok yang terdapat dalam siaran radio dan atau televisi
  • Menyampaikan secara lisan isi atau pesan yang didengarkan me­lalui siaran radio/televisi secara runtut dan jelas.
  • Menuliskan isi siaran radio/televisi da­lam beberapa kalimat dengan urutan yang runtut dan mudah dipahami.
  • Mencatat pokok-pokok isi berita radio/televisi
  • Mengungkapkan kembali isi berita yang didengar melalui radio/televisi dalam beberapa kalimat secara runtut dan jelas
  • Mengajukan pertanyaan tentang isi berita radio/televisi
  • Menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi berita radio/televisi
  • Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan  melalui tuturan langsung atau tak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan)
  • Menentukan perbedaan butir-butir  yang merupakan fakta dan pendapat
  • Mengajukan pertanyaan/ tanggapan berdasarkan informasi yang didengar (menyetujui, menolak, menambahkan pendapat)
  • Menyampaikan informasi dengan bahasa sendiri secara jelas dan mudah dipahami

 

         
1.2      Mendengarkan berbagai cerita yang disam­­paikan secara lang­sung dan atau melalui rekam­an

  • Mencatat hal-hal yang lucu, haru, sedih, gembira, dan lain-lain
  • Menceritakan kembali isi cerita secara runtut
         

BERBICARA

Standar Kompetensi       :   2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, tanggapan, dan perasaan dalam berbagai bentuk  wacana lisan nonsastra melalui cerita atau di dalam diskusi serta mampu mendukung suatu gagasan dan memberikan kritikan.

 

 

Kompetensi Dasar / Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
2.1    Memperkenalkan diri dan orang lain di da­lam forum resmi

  • Mengucapkan kalimat perkenalan (misalnya, sebagai moderator dan atau pembawa acara) dengan lancar dan intonasi yang tidak monoton
  • Menempatkan jeda yang tepat dalam mengung-kapkan kalimat
  • Mencatat kekurangan yang terdapat pada pengucapan kalimat perkenalan oleh teman
  • Memperbaiki pengucapan kalimat yang kurang pas

 

         
2.2   Menceritakan berbagai pengalaman

  • Menyampaikan secara lisan pengalaman pribadi (yang lucu, menyenangkan, mengharukan, dsb.) dengan pilihan kata dan ekspresi yang sesuai
  • Mengajukan pertanyaan tentang pengalaman yang diceritakan

 

         
2.3    Mendiskusikan  masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku), menemukan makna kata-kata sulit, dan memberikan tanggapan

  • Menyampaikan  ringkasan berita, artikel, atau buku dalam forum diskusi
  • Menanggapi ringkasan isi berita, artikel, dan buku yang disampaikan oleh peserta diskusi
  • Menyampaikan secara lisan sikap setuju dan tidak setuju dalam beberapa kalimat
  • Memberikan bukti pendukung untuk memperkuat tanggapan
  • Mengajukan saran dan pemecahan masalah terhadap ringkasan isi yang disampaikan
  • Menyeleraskan perbedaan pendapat yang muncul dalam diskusi
  • Mendaftar kata-kata sulit dalam teks bacaan membahas maknanya

 

         
2.4    Menyampaikan informasi dari berbagai sumber dan mendiskusikannya

  • Mencatat pokok-pokok isi informasi
  • Menyampaikan ringkasan isi teks yang dibaca (dari buku, majalah, atau surat kabar)
  • Memberikan tanggapan terhadap penyampaian ringkasan isi teks di atas
  • Mencatat judul-judul teks, nama sumber, tahun terbit, angka halaman
  • Mencatat  pokok-pokok informasi dengan mencatumkan nama, sumber,  dan angka halaman
  • Mencatat pokok-pokok informasi   yang berbeda dari berbagai sumber  informasi yang isinya sama
  • Mendaftar dengan memilah-milah mana yang berupa fakta dan mana yang berupa pendapat
  • Merumuskan berbagai pendapat dengan kalimat sendiri
  • Mengajukan pertanyaan dan/atau tanggapan (secara lisan) tentang berbagai pendapat

 

         
2.5    Memberikan kritik atau memberikan dukungan 

  • Mendata judul artikel yang memuat persoalan yang diper-debatkan dengan mencantumkan sumbernya (media cetak atau internet)
  • Merumuskan pokok persoalan yang menjadi bahan perdebatan umum di masyarakat (apa isunya, siapa yang memunculkan, kapan dimunculkan, apa yang menjadi latar belakangnya, dsb.)
  • Memberikan  kritik  dengan disertai alasan
  • Memberikan bukti pendukung (disertai dengan alasan)

 

         
                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MEMBACA

 

Standar Kompetensi  :  3.   Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan  nonsastra dengan berbagai teknik membaca (membaca cepat, memindai (scanning)) secara ekstensif untuk berbagai tujuan

 

Kompetensi Dasar / Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
3.1     Membaca cepat  berbagai teks nonsastra (250 kata/ menit)

  • Membaca cepat teks dengan kecepatan 250 kata/menit
  • Menemukan ide pokok paragraf dalam teks
  • Menjawab pertanyaan tentang isi teks dengan kalimat yang jelas dan mudah dipahami
  • Membuat ringkasan  isi teks  dalam beberapa kalimat yang runtut

 

         
3.2    Membaca ekstensif  teks  nonsastra dari berbagai sumber

  • Mengidentifikasi ide pokok dari  teks
  • Menuliskan kembali isi bacaan  secara ringkas dalam beberapa kalimat
  • Menentukan satu topik berdasarkan diskusi
  • Mengumpulkan sumber tentang topik tertentu yang disepakati dari (sekurang-kurangnya) empat sumber tertulis
  • Mencatat nama sumber, tahun,  dan nomor halaman dari sumber tertulis
  • Mendaftar  pokok-pokok pikiran  dari tiap sumber
  • Mengidentifikasi  fakta dan pendapat
  • Menyarikan isi pokok dari tiap sumber
  • Merangkum isi dari seluruh sumber ke dalam beberapa paragraf

 

         
3.3   Membaca memindai (scanning) dari indeks ke teks buku dan membaca table atau grafik

  • Menentukan salah satu indeks dalam daftar indeks yang merujuk ke (sekurang-kurangnya lima nomor halaman)
  • Membaca informasi yang terdapat pada halaman sesuai dengan yang dirujuk pada daftar indeks
  • Mencatat isi informasi pada tiap halaman yang dirujuk
  • Merangkum seluruh informasi (yang diperoleh dari tiap halaman) ke dalam beberapa kalimat
  • Mengungkapkan (secara lisan atau tertulis) isi tabel/grafik yang terdapat dalam bacaan ke dalam beberapa kalimat
  • Menyimpulkan isi tabel/ grafik

 

         

 

 

MENULIS

 

Standar Kompetensi   :   4.  Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan yang terdapat dalam berbagai ragam tulisan nonsastra serta menuliskannya dalam  berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, eksposisi, dan argumentatif).

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL  
Kriteria Penentuan SKBM    
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM  
 

4.1    Menulis ragam paragraf

  • Menunjukkan karakteristik paragraf naratif
  • Mengidentifikasi  struktur paragraf naratif
  • Mengembangkan kerangka dari sebuah topik menjadi paragraf naratif (dengan memperhatikan kronologi waktu dan peristiwa)
  • Menulis paragraf naratif dengan mengurutkan waktu dan peristiwa sesuai kerangka
  • Menyunting paragraf narasi yang ditulis  teman
  • Menunjukkan karekteristik paragraf deskripsi
  • Mendaftar topik- topik yang dapat dikembangkan menjadi  tulisan yang berciri deskripsi

 

           
  • Menyusun   paragraf deskripsi  tentang benda atau manusia berdasarkan pengamatan dan pendengaran
  • Menyusun paragraf deskripsi berdasarkan tema/topik tertentu
  • Menyunting paragraf deskripsi yang ditulis  teman
  • Menunjukkan ciri-ciri paragraf eksposisi
  • Mendata topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf eksposisi
  • Menentukan  pola pengembangannya (dari umum ke khusus atau khusus ke umum),
  • Menentukan  jenis pengembangannya (menguraikan proses, contoh-contoh, dsb.),
  • Menentukan  rincian atau gagasan pendukungnya
  • Menulis paragraf eksposisi dengan memperhatikan pola pengembangannya
  • Menyunting paragraf eksposisi yang ditulis  teman
  • Menulis paragraf argumentasi dengan memperhatikan pola pengembangannya
  • Menunjukkan ciri -ciri argumentasi
  • Mendata topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentasi
  • Memilih topik yang akan dikembangkan
  • Mendaftar gagasan yang merupakan sebab atau akibat dalam kaitannya dengan pokok yang akan ditulis
  • Merangkaikan pokok pembicaraan dengan rincian sebab atau akibat
  • Menulis paragraf argumentasi dengan memperhatikan pola pengembangannya
  • Menyunting paragraf argumentasi yang ditulis  teman dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa

 

         
4.2    Menulis surat resmi

  • Mengidentifikasi struktur  surat resmi
  • Menentukan komponen-komponen surat izin
  • Menulis surat izin tidak masuk sekolah dan tidak masuk kerja
  • Menyunting surat tulisan teman dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa
  • Menulis surat undangan untuk berbagai keperluan
  • Penggunaan kalimat efektif dalam berbagai surat undangan
  • Menyunting surat undangan tulisan teman dengan memperhatikan penggunaan
  • Menentukan unsur atau struktur surat penawaran
  • Menulis hal-hal yang terdapat dalam suatu produk yang ditawarkan dalam surat
  • Menulis surat penawaran dengan bahasa yang sesuai
  • Menyunting surat penawaran tulisan teman dengan memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa

 

         
4.3    Meringkas  teks atau bacaan

  • Mendaftar hal-hal pokok  dalam bacaan
  • Menulis isi ringkas bacaan dalam beberapa kalimat

 

           
4.4   Menyusun kamus kecil

  • Mendaftar istilah-istilah bidang tertentu secara alfabetis
  • Menyusun istilah bidang tertentu menjadi kamus kecil

 

           
4.5    Menulis hasil wawancara 

  • Menentukan topik
  • Memilih narasumber untuk diwawancarai
  • Menyusun daftar pertanyaan dengan memperhatikan kelengkapan isi (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana)
  • Mencatat pokok-pokok informasi yang diperoleh dari wawancara
  • Menuliskan hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan ejaan dan tanda baca yang benar

 

           
4.6    Menulis teks pidato

  • Menentukan topik dan tujuan
  • Menyusun kerangka isi pidato
  • Menyusun teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami
  • Menyunting teks pidato tulisan teman

 

           
4.7   Menulis resensi

  • Mencatat judul buku, nama pengarang, tahun terbit, nama penerbit, kota tempat penerbit
  • Mendaftar pokok-pokok isi buku
  • Mencatat keunggulan dari isi buku
  • Mencatat kekurangan dari isi buku
  • Memberi saran yang dapat ditambahkan pada isi buku
  • Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi antara lain:
  1. identitas buku
  2. isi yang penting/menarik
  3. bahasa pengarang
  4. keunggulan
  5. kelemahan
  6. kesimpulan
  • Memeriksa kelengkapan unsur-unsur resensi yang ditulis teman
           
4.8   Menulis rangkuman pendapat

  • Mencatat berbagai pendapat (dari buku atau dari diskusi)
  • Menulis rangkuman dari berbagai pendapat dalam beberapa kalimat

 

           
4.9   Mengisi formulir

  • Mengisi formulir dengan benar
           

 

 

KEMAMPUAN BERSASTRA

 

MENDENGARKAN

Standar Kompetensi     : 1.  Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra melalui mendengarkan puisi dan cerita rakyat serta mendiskusikannya.

 

Kompetensi Dasar / Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
1.1    Mendengarkan puisi dan cerita rakyat yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman dan menungkapkan unsur-unsur di dalamnya

  • Menentukan tema puisi yang dibacakan
  • Mengungkapkan makna yang terkandung dalam puisi yang dibacakan
  • Mengungkapkan pesan dalam puisi yang dibacakan
  • Menentukan isi dan atau amanat yang terdapat di dalam cerita rakyat
  • Mengutarakan secara lisan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan memperhatikan pelafalan kata, dan kalimat  yang tepat.
  • Membandingkan nilai-nilai dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat yang efektif.
  • Mengungkapkan cerita rakyat dalam bentuk sinopsis
         

 

 

BERBICARA

Standar Kompetensi           : 2. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui membahas atau mendiskusikan isi cerita pendek dan puisi remaja.

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
2.1    Membahas dan atau mendiskusikan isi cerita pendek dan puisi remaja

  • Menceritakan isi cerita pendek yang dibaca
  • Mengungkapkan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari karya tersebut
  • Mendiskusikan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen
  • Mengutarakan berbagai karak­teristik puisi remaja dengan kalimat yang komunikatif
  • Mengutarakan nilai-nilai dalam puisi remaja dengan bahasa sendiri
  • Membandingkan nilai-nilai yang terdapat di dalam berbagai puisi remaja dengan bahasa atau kata-kata sendiri
  • Memprasekan puisi remaja ke dalam prosa

 

         

 

 

MEMBACA

Standar Kompetensi   : 3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan  sastra melalui membacakan puisi, membaca serta mendiskusikan isi naskah sastra melayu klasik , dan menganalisis cerpen. 

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
 3.1   Membacakan puisi

  • Membaca  puisi dengan memperhatikan lafal, tekanan, dan intonasi yang sesuai dengan isi puisi

 

         
3.2    Membaca naskah sastra Melayu klasik

  • Menentukan struktur karya sastra Melayu Klasik
  • Menemukan nilai-nilai dalam karya sastra Melayu Klasik
  • Membandingkan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik dengan nilai-nilai masa kini
  • Membuat sinopsis naskah  karya sastra Melayu Klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa paragraf
  • Mengidentifikasi unsur karya sastra Melayu Klasik
  • Mengidentifikasi karakteristik karya sastra  Melayu Klasik
  • Mengaitkan nilai-nilai karya sas­tra Melayu Klasik dengan kehidupan masa kini
         
3.3   Membaca dan menganalisis cerpen

  • Menceritakan kembali isi cerpen yang dibaca
  • Mengungkapkan latar dan penokohan dalam cerpen dengan menunjukkan kutipan yang mendukung
  • Mengaitkan cerpen dengan kehidupan sehari-hari

 

         

 

 

 

 

 

 

MENULIS

Standar Kompetensi           : 4. Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk tulisan sastra melalui menulis puisi dan cerpen, dan menulis/ menciptakan karya sastra berdasarkan berbagai seting atau latar.

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
4.1   Menulis berbagai karya sastra ( puisi dan cerpen) 

  • Menentukan tema puisi
  • Mengembangkan ide dalam bentuk puisi dengan memperhatikan pilihan kata dan majas yang sesuai
  • Menentukan tema cerpen
  • Menentukan rincian tema
  • Mengembangkan ide dalam bentuk cerpen dengan memperhatikan pilihan kata, tanda baca, dan ejaan.

 

         
4.2    Menulis/menciptakan karya sastra berda­sarkan  berbagai setting (latar)

  • Menggubah karya sastra Melayu Klasik dengan bahasa sendiri
  • Menggubah karya sastra modern dengan bahasa sendiri
  • Membandingkan gubahan hasil karya sastra sendiri dengan milik teman

 

         

 

 


KELAS : XI

 

A. Kemampuan Berbahasa

 MENDENGARKAN

 

Standar Kompetensi   :   1.   Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra melalui mendengarkan informasi dari berbagai sumber (sambutan/khotbah, pembicaraan dalam wawancara, diskusi)

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
1.1    Mendengarkan sambutan atau               khotbah

  • Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
  • Menuliskan pokok-pokok isi sambutan tersebut ke dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah

 

         
1.2    Mendengarkan pembicaraan dalam wawancara

  •  Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan dalam beberapa kalimat
  • Menyampaikan (secara lisan) isi rangkuman kepada orang lain

 

         
1.3    Mendengarkan informasi dari berbagai sumber  dalam suatu diskusi dan menanggapinya

  • Mencatat pokok-pokok pembicaraan: siapa yang berbicara dan apa isi pembicaraannya
  • Merangkum seluruh isi pembicaraan ke dalam beberapa kalimat
  • Mengajukan pertanyaan
  • Menanggapi pembicara dalam bentuk kritikan atau dukungan
  • Menambahkan alasan yang dapat memperkuat tanggapan
  • Mencatat pokok-pokok isi uraian atau penjelasan teman
  • Merangkum isi pembicaraan teman
  • Menuliskan tanggapan pribadi  kepada teman dalam bentuk memo

 

         

 

 

BERBICARA

Standar Kompetensi       :   2.   Mampu mengungkapkan gagasan, pikiran, perasaan, dan pendapat dalam berbagai bentuk wacana lisan nonsastra melalui cerita, penyampaian uraian atau hasil penelitian, wawancara

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
2.1 Menceritakan pengalaman dan kejadian yang dilihat

  • Mencatat hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman yang akan disampaikan  
  • Mengembangkan cerita berdasarkan catatan
  • Menyampaikan cerita pengalaman tanpa melihat teks (menekankan ekspresi dan intonasi)
  • Mencatat pokok-pokok peristiwa atau kejadian yang dilihat langsung atau didengar dari orang lain
  • Menyampaikan (secara lisan) isi peristiwa atau kejadian ke dalam beberapa kalimat
  • Mengajukan pertanyaan dengan kalimat yang sesuai
  • Menyampaikan jawaban dengan kalimat yang efektif

 

         
2.2 Menyampaikan  uraian tentang topik tertentu dari hasil membaca (artikel atau buku)

  • Mendata pokok-pokok yang diperoleh dari hasil membaca 
  • Menyampaikan (secara lisan) isi bacaan, ditambah  dengan pendapat sendiri
  • · Mengemukakan alasan  mengapa artikel atau buku tersebut  yang dipilih untuk dibaca

 

         
2.3 Berwawancara

  • Membuat daftar pertanyaaan wawancara
  • Menentukan pertanyaan yang akan dipakai dalam wawancara
  • Menyebutkan alasan mengapa jenis pertanyaan itu yang dipilih
  • Menyampaikan pertanyaan secara jelas dan lantang, dengan memperhatikan santun berbahasa
  • Menyampaikan pertanyaan secara singkat dan jelas
  • Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif

 

         

 

2.4 Menyampaikan hasil penelitian

 

  • Menuliskan pokok-pokok yang akan disampaikan secara berurutan
  • Mengemukakan ringkasan hasil penelitian
  • Menjelaskan proses penelitian dengan kalimat yang mudah dipahami

 

         

 

2.5 Menyampaikan gagasan dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan dalam diskusi

 

  • Merumuskan gagasan yang akan disampaikan
  • Mengemukakan gagasan secara jelas dan mudah diikuti
  • Memberikan contoh untuk memperjelas gagasan
  • Mencatat hasil pembicaraan (siapa yang berbicara dan apa yang dibicarakan)
  • Mengajukan pertanyaan tentang salah satu isi pembicaraan
  • Mengemukakan tanggapan yang mendukung bahan diskusi
  • Menanggapi kritikan terhadap bahan diskusi
  • Menyampaikan alasan yang mendukung penolakan

 

         

 

MEMBACA

 

Standar kompetensi   : 3. Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca (membaca cepat, memindai (scanning)) secara intensif untuk berbagai tujuan

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM

 

3.1 Membaca intensif paragraf yang berpola umum-khusus (deduktif) dan khusus –  umum (induktif)

  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf
  • Menemukan kalimat penjelas yang mendukung gagasan utama
  • Menjelaskan perbedaan antara  paragraf  yang berpola umum-khusus (deduktif) dan yang berpola khusus-umum (induktif)
  • Menuliskan kesimpulan  paragraf deduktif dan induktif 
         

 

3.2 Membaca teks rumpang

·   Membuat ikhtisar tiap-tiap paragraf

·   Merumuskan garis besar seluruh paragraf

·   Mengidentifikasi gagasan yang seharusnya ada tetapi belum dikemukakan dalam teks.

·   Menuliskan gagasan yang belum dikemukakan sebagai kelanjutan teks

·   Mengumpulkan perbedaan dan persamaan kelanjutan isi teks antara tulisan sendiri dan tulisan teman 

·   Memperbaiki tulisan yang berisi kelanjutan isi teks berdasarkan hasil masukan teman-teman.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MENULIS

 

Standar kompetensi            : 4.  Mampu mengungkapkan gagasan, pendapat, dan perasaan dalam bentuk paragraf eksposisi (deduktif dan induktif), baik dari pikiran sendiri maupun dari berbagai tulisan nonsastra, dalam berbagai bentuk (baik berupa memo, surat, proposal, atau karya tulis ilmiah)

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
4.1 Menulis karangan 

  • Mengumpulkan data dari berbagai sumber bacaan
  • Menyusun kerangka karangan sesuai dengan topik yang dipilih
  • Mengembangkan kerangka menjadi karangan eksposisi 
         
4.2 Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki

  • Menyusun karya tulis
  • Melengkapi karya tulis dengan daftar pustaka dan catatan kaki sesuai dengan pedoman
  • Memperbaiki pemakaian tanda baca dan ejaan dari tulisan teman

 

         
4.3 Menulis surat niaga,  surat kuasa, dan memo 

  • Mendaftar ciri-ciri surat niaga
  • Menulis surat perjanjian jual beli sesuai dengan keperluan
  • Menjelaskan isi surat
  • Memperbaiki  surat tulisan teman
  • Mendaftar ciri-ciri surat kuasa
  • Mencatat hal-hal yang akan dituliskan dalam surat kuasa
  • Menulis surat kuasa sesuai dengan  keperluan
  • Menjelaskan isi surat
  • Memperbaiki  surat tulisan teman
  • Mendaftar ciri-ciri memo
  • Menulis memo sesuai dengan keperluan
  • Memperbaiki  memo tulisan teman

 

         
4.4 Menulis proposal

  • Mendaftar komponen atau unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah proposal
  • Menulis proposal sesuai dengan keperluan
  • Membahas hasil tulisan  proposal dalam kelompok kecil untuk mendapatkan masukan perbaikan
         
4.5 Menulis ringkasan isi buku

  • Mendaftar pokok-pokok pikiran buku yang sudah dibaca
  • Membuat ringkasan dari seluruh isi buku
  • Mendiskusikan ringkasan untuk mendapatkan masukan dari teman

 

         
4.6 Menulis rangkuman diskusi panel atau seminar

  • Mencatat pokok-pokok yang dibicarakan dalam diskusi panel atau seminar
  • Menulis rangkuman yang berisi pendapat atau saran yang muncul dalam diskusi
  • Membahas isi rangkuman dalam kelompok 

 

         
4.7 Menulis notulen rapat

  •  Mencatat perbedaan dan persamaan antara dua notulen atau lebih
  • Menemukan pola penulisan notulen yang lengkap
  • Menulis notulen rapat

 

         
4.8 Menulis karya tulis ilmiah

  • Mendaftar hal-hal yang perlu ditulis, berdasarkan topik yang dipilih
  • Menentukan gagasan yang akan dikembangkan dalam karya tulis (berdasarkan pengamatan atau penelitian)
  • Menyusun kerangka karya tulis
  • Mengembangkan kerangka menjadi karya tulis, dengan dilengkapi daftar pustaka
  • Menyunting karya tulis sendiri atau karya teman

 

         

 

B. Kemampuan Bersastra

 

MENDENGARKAN

Standar Kompetensi        :   1.    Mampu mendengarkan dan memahami sertamenanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra melalui menonton dan menanggapi pementasan drama serta mendiskusikan pembacaan cerpen atau penggalan novel.

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
1.1    Menonton dan menanggapi pementasan drama

  • Menentukan tokoh dan perannya
  • Menentukan konflik dengan menunjukkan data yang mendukung
  • Menentukan latar dan peran latar
  • Menentukan tema dengan alasan
  • Menentukan pesan dengan data yang mendukung
  • Mengaitkan isi drama dengan kehidupan sehari-hari

 

         
1.2    Mendengarkan pembacaan cerpen atau penggalan novel

  • Mengidentifikasi penokohan dalam cerpen atau penggalan novel yang didengar
  • Mengungkapkan dan mendiskusikan konflik dalam cerpen atau penggalan novel tersebut 
  • Memberikan komentar terhadap isi cerpen atau penggalan novel berdasarkan kelebihan dan kekurangan isinya.

 

         

 

BERBICARA

Standar Kompetensi       : 2.   Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,  dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui memerankan drama.

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
2.1 Memerankan drama

  • Membaca dan memahami teks drama yang akan diperankan
  • Menghayati watak tokoh yang akan diperankan 
  • Memerankan drama dengan memperhatikan penggunaan lafal, intonasi, nada/tekanan, mimik/gerak-gerik  yang tepat sesuai dengan watak tokoh

 

         

 

MEMBACA

Standar Kompetensi           :  3.     Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan sastra melalui membaca dan menganalisis berbagai karya sastra (hikayat, novel Indonesia, nonel terjemahan), serta membaca dan mendiskusikan isi buku biografi dan buku resensi novel Indonesia.

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
3.1 Membaca dan menganalisis berbagai karya sastra

  • Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
  • Menjelaskan alur, tema, dan penokohan dalam hikayat
  • Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
  • Menceritakan isi novel
  • Mendiskusikan nilai-nilai dalam novel (budaya, sosial, moral, dll) dengan memperhatikan aturan berdiskusi serta menggunakan kalimat yang komunikatif
  • Menceritakan isi novel terjemahan dan novel Indonesia
  • Mendiskusikan nilai-nilai  yang ada dalam novel terjemahan
  • Membandingkan nilai-nilai (budaya, moral, agama, dll) dalam novel terjemahan dengan novel Indonesia
  • Mengaitkan nilai-nilai tersebut dengan kehidupan sehari-hari
         
3.2 Membaca intensif buku biografi

  • Mengungkapkan hal-hal yang menarik tentang tokoh dalam buku biografi yang dibaca
  • Merefleksikan tokoh dengan diri sendiri
  • Menemukan tokoh yang mirip pada tokoh lain
  • Menemukan hal-hal yang bisa diteladani tentang tokoh tersebut
  • Membuat catatan mengenai hal-hal penting yang ditulis dalam resensi
  • Menanggapi resensi novel yang disajikan
  • Menyimpulkan resensi yang disajikan (lengkap/tidak lengkap maksudnya).

 

         

 

MENULIS

 Standar Kompetensi      : 4.   Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai bentuk tulisan sastra  melalui menulis resensi novel sastra atau novel populer dan menulis naskah drama.

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
 

4.1 Menulis resensi sastra atau novel populer

  • Menulis resensi novel dengan memperhatikan

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     Keunggulan buku

–   Kelemahan buku

–   Ikhtisar (inti permasalahan) dengan bahasa yang komunikatif dan penggunaan EYD

         
4.2 Menulis teks drama

Menulis teks drama dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk:

  • Mengembangkan penokohan
  • Menghidupkan konflik
  • Menghadirkan latar yang mendukung
  • Memunculkan penampilan (performance)

 

         

 

KELAS : XII

 

A. Kemampuan Berbahasa

 

MENDENGARKAN

 

 Standar Kompetensi  : 1.  Mampu memahami dan menanggapi berbagai ragam wacana lisan nonsastra melalui mendengarkan informasi dari berbagai sumber (berita atau laporan, sambutan atau khotbah)

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
1.1    Mendengarkan   informasi dan  memberikan tanggapan

  • Mencatat pokok-pokok isi berita atau laporan
  • Memilah pokok-pokok menjadi dua kelompok:  yang berupa fakta dan  yang berupa pendapat
  • Mengemukakan tanggapan atas isi berita atau laporan
  • Mencatat pokok-pokok dari isi uraian atau ceramah
  • Mengajukan pertanyaan kepada penceramah
  • Menulis ringkasan isi uraian atau ceramah
  • Mengajukan pertanyaan tentang isi program yang belum jelas
  • Memberikan tanggapan  atas informasi yang didengar sebagai bahan  perbaikan program

 

         

 


BERBICARA

 Standar Kompetensi          : 2. Mampu mengungkapkan gagasan, pendapat, pikiran, dan perasaan dalam berbagai wacana lisan  nonsastra  melalui   menanggapi informasi tertentu (tanggapan dalam seminar, pidato, dan peyampaian intisari bacaan)

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
2.1 Menanggapi isi pembicaraan dalam diskusi

  • Mencatat siapa yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan
  • Mengajukan pertanyaan atau tanggapan terhadap salah satu pokok pembicaraan dengan menggunakan ungkapan dan penyambung antarkalimat yang sesuai
  • Mengemukakan persetujuan atau penolakan terhadap salah satu pendapat yang muncul dalam diskusi
  • Mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara

 

         
2.2 Menyampaikan intisari buku

  • Mencatat hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan dari kehidupan tokoh di dalam buku
  • Menyampaikan hal-hal yang menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh tersebut kepada teman dengan kalimat sendiri yang tidak berbelit-belit
  • Memberikan komentar terhadap isi penyampaian teman

 

         
2.3 Menyampaikan topik suatu uraian atau cerita yang didengar

  •  Mencatat pokok-pokok dari uraian atau cerita
  • Menyampaikan (secara lisan) isi uraian atau cerita kepada teman
  • Mengajukan pertanyaan
  • Menjawab pertanyaan

 

         
2.4 Menyampaikan program kegiatan  

  • Mengemukakan program secara rinci untuk mendapatkan tanggapan
  • Mengemukakan informasi  tambahan yang dapat  mendukung program (hasil penelitian, jurnal, dll) 
  • Memperbaiki program berdasarkan berbagai masukan

 

         
2.5 Berpidato tanpa teks

  • · Lancar membawakan pidato dengan lafal, intonasi, nada, dan sikap yang tepat
  • · Mencatat hal-hal yang perlu diperbaiki dari pidato yang disampaikan teman
  • · Memperbaiki cara berpidato dan isi pidato berdasarkan catatan atau masukan teman

 

         

 

MEMBACA

Standar Kompetensi     :   3.   Mampu membaca dan memahami berbagai teks nonsastra dengan berbagai teknik membaca (cepat, memindai (scanning)) secara intensif untuk menarik kesimpulan, memberikan penjelasan, serta untuk persiapan membacakan teks

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
3.1 Membaca intensif  berbagai pola paragraf

  • Mengidentifikasi ciri-ciri teks yang berpola induktif
  • Menarik kesimpulan isi teks tersebut berdasarkan hal-hal (generalisasi, analogi, sebab-akibat) yang disajikan dalam tulisan/ artikel
  • Menemukan paragraf yang berpola umum-khusus (deduktif)
  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama
  • Mendaftar butir-butir yang merupakan gagasan pendukung
  • Menarik kesimpulan dari isi keseluruhan paragraf
  • Menemukan kalimat yang mengandung gagasan utama
  • Menemukan kalimat-kalimat berisi gagasan pendukung
  • Menemukan kalimat yang mengungkapkan alasan dan rincian yang berupa contoh
  • Merangkum isi paragraf

 

         
3.2 Membaca intensif  artikel

  • Menemukan gagasan utama tiap paragraf
  • Mendaftar gagasan pendukung dari tiap gagasan utama
  • Merangkum isi seluruh artikel

 

         
3.3 Membaca teks pidato

  • Menandai (dengan pensil) bagian-bagian yang merupakan pokok-pokok isi pidato
  • Menandai bagian-bagian yang merupakan informasi pendukung
  • Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi (yang mempertimbangkan mana si pokok dan mana isi pendukung)

 

         
3.4 Membaca cepat teks 300 – 350 kata per menit

  • Menemukan gagasan pokok
  • Menjawab secara benar 75% dari seluruh pertanyaan yang tersedia

 

         

 

MENULIS

Standar Kompetensi    :      4.         Mampu mengungkapkan gagasan, pendapat, dan  perasaan dalam bentuk paragraf dan esai (deduktif, induktif, dan persuasif), baik dari pikiran sendiri maupun dari berbagai ragam tulisan nonsastra, dalam berbagai bentuk (baik berupa surat, laporan (diskusi, seminar), maupun karya ilmiah)       

                            

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
4.1 Menulis surat lamaran  pekerjaan

  • Mengenali unsur-unsur dalam surat lamaran pekerjaan   
  • Menyusun surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan
  • Memperbaiki surat  dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat, kaitan antarklalimat, dan EYD

 

         
4.2 Menulis laporan diskusi

  • Mengenali unsur-unsur yang harus terdaapt dalam laporan hasil diskusi
  • Menyusun laporan hasil diskusi (kelas atau seminar)
  • Melengkapi laporan dengan lampiran (makalah pembicara, notulen, dan daftar hadir peserta)

 

         
4.3 Menulis paragraf persuasi

  • Mengidentifikasi ciri paragraf persuasi
  • Menentukan topik persuasi
  • Menyusun kerangka paragraf persuasi
  • Menyusun paragraf persuasi berdasarkan kerangka yang dibuat sebelumnya

 

         
4.4 Menulis paragraf  deduktif dan induktif

  • Mengenal ciri-ciri paragraf deduktif dan induktif
  • Menyusun kerangka paragraf yang akan ditulis
  • Menuliskan kerangka paragraf ke dalam paragraf deduktif
  • Menuliskan keangka paragraf (yang sama) ke dalam paragraf induktif

 

         
4.5  Menulis esai (yang terdiri atas tiga sampai enam paragraf)

  • Mendaftar gagasan utama  tiap paragraf
  • Merangkum gagasan utama antarparagraf untuk mendapatkan gagasan utama seluruh esai
  • Menyusun rangka esai yang akan ditulis
  • Menyusun paragraf pembukaan
  • Menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
  • Menyusun paragraf penutup
  • Memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)

 

         

 


B. Kemampuan Bersastra

 

 MENDENGARKAN

 Standar Kompetensi  :  1.   Mampu mendengarkan dan memahami serta menanggapi berbagai ragam wacana lisan sastra melalui mendengarkan dan mendiskusikan pembacaan cerita pendek, dan pembacaan teks drama.

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
1.1    Mendengarkan pembacaan cerpen  dan teks drama

  • Menanggapi pembacaan cerpen dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan
  • Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar, penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam cerpen yang dibacakan
  • Mendiskusikan isi teks drama dari berbagai segi (penokohan, latar, dll) 
  • Menyimpulkan isi teks sesuai dengan situasi dan konteks
         

 

BERBICARA

Standar Kompetensi   :      2.         Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,  dan perasaan dalam berbagai bentuk wacana lisan sastra melalui kegiatan menanggapi pembacaan puisi lama dan baru.

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
2.1 Membacakan dan menanggapi  puisi dan gurindam

  • Mendeklamasikan/ memba-cakan puisi pilihan di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai 
  • Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan
  • Mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
  • Lancar membawakan gurindam
  • Mendiskusikan arti kata sulit
  • Membicarakan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
  • Mengaitkan isi gurindam dengan kehidupan masa kini
  • Menyimpulkan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam

 

         

 

 

MEMBACA

Standar Kompetensi   :    3.    Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaansastra melalui membaca dan menanggapi cerpen,  dan membaca karya  sastra yang dianggap penting pada tiap periode.

 

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
3.1 Membacakan puisi karya sendiri

  • Lancar membawakan puisi dengan memperhatikan:

–    lafal dan intonasi

–    penghayatan

–  mimik/gerak dan ekspresi yang sesuai

         
3.2 Membaca cerpen dan kumpulan puisi, serta menanggapinya

  • Menceritakan kembali isi cerpen
  • Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra ( misalnya, tema, latar, alur,  penokohan, atau pesan)  dengan data yang mendukung
  • Mengelompokkan puisi berdasarkan tema
  • Menganalisis gaya pengarang dalam mengungkapkan masing-masing puisi
         
3.3 Membaca karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode

  • Menentukan hasil-hasil karya sastra penting dan ciri-ciri pada tiap periode
  • Mendiskusikan karya-karya yang dianggap penting pada periode tersebut (misalnya, peristiwa sejarah, gaya penulisan, dll)   
         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

MENULIS

Standar Kompetensi     :   4.   Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan,  berbagai bentuk tulisan sastra melalui menulis puisi, cerpen dan resensi buku kumpulan cerpen.

 

Kompetensi Dasar/Indikator

STANDAR KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL
Kriteria Penentuan SKBM  
Esensial Komplek sitas Sarana Pendukung Intake siswa SKBM
4.1 Menulis resensi buku kumpulan cerpen

  • Menjelaskan isi buku kumpulan cerpen berdasarkan kelebihan dan kekurangannya dengan alasan
  • Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi:

–     identitas buku

–     kepengarangan

–     kekurangan dan kelebihan isi buku

–     bahasa pengarang, dll

         
4.2 Menulis cerpen dan puisi

  • Menulis cerpen dengan mengembangkan  penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur
  • Menulis puisi dengan memperhatikan:

–     pemilihan tema

–     pemilihan diksi

–     pemilihan rima

–     pemilihan gaya bahasa

         
4.3 Menulis kritik dan esai

  • Mengidentifikasi ciri-ciri kritik dan esai
  • Menulis kritik dan esai dengan langkah dan aturan yang tepat
  • Mengemukakan pendapat atau gagasan dalam karangan kritik dan esai

 

         

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Both comments and trackbacks are currently closed.
%d blogger menyukai ini: