Contoh proposal:


BAB I

PENDAHULUAN

 I. Latar Belakang

 Dewasa ini perkembangan ilmu dan teknologi khususnya di bidang IT sangat cepat dan sepertinya tidak dapat dibendung. Berkaitan dengan hal tersebut,  Bidang Pendidikan Menengah khususnya di lingkungan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dalam pembuatan Laporan Hasil Studi (LHS) mulai dirintis model pengenalan Sistem Administrasi Sekolah (SAS), yang tidak model konvensional.

Dalam rangka penerapan SAS tersebut, sekolah sebagai penyelenggara pendidikan akan mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional. Di antaranya adalah mengadakan pelatihan-pelatihan cara pengisian data melalui internet.   Sehubungan dengan hal-hal di atas, maka sekolah mengirimkan beberapa guru untuk mengikuti pelatihan cara-cara pengisian laporan hasil studi atau rapor. Kemudian guru yang dikirim, menularkan ilmunya kepada para penasihat akademis dan ketua-ketua program studi. Oleh karena itu perlu dibuat jadwal khusus untuk mengadakan kegiatan pelatihan sistem administrasi sekolah (SAS). Diharapkan dengan kegiatan pelatihan  SAS ini baik para ketua program studi dan penasihat akademis dapat memahami SAS dan dapat mengisi KHS.

Harapan kami, kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik berkat kerjasama dan dukungan dari Kepala Sekolah sebagai pengarah dan  Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum sebagai penanggung jawab serta didukung oleh para ketua program studi dan penasihat akademik.

II.         TUJUAN

Tujuan diadakan kegiatan pelatihan SAS bagi Kaprog dan Penasihat Akademik  adalah :

  1. Mengetahui sistem model penulisan SAS
  2. Kaprog dan Penasihat Akademik dapat mengisi Kartu Hasil Studi (KHS)

III.       MATERI KEGIATAN

Materi kegiatan ini meliputi  :

    1. Pengisian peta kompetensi,
    2. Pengisian KHS

 IV.        PESERTA PELATIHAN SAS

 Adapun peserta kegiatan pelatihan SAS adalah Ketua Program Studi Keahlian dan Penasihat Akademik.

 V.           JADWAL PELATIHAN SAS  :

 

No

HARI /TGL

MATERI

WAKTU

1

Kamis, 28 Oktober 2010

Teori/praktik SAS 08.00 – 10.00

2

Jumat, 5 November 2010

Praktik 08.00 – 10.00

3

Jumat, 12 November 2010

Praktik 08.00 – 10.00

 

 

  1. VI.     SUSUNAN PANITIA

            Susunan Panitia Pelaksanaan Kegiatan SAS adalah  :

No

NAMA

TUGAS TERTENTU

 

JABATAN

 

1 Drs. Dedi Dwitagama, MM.M.Si

NIP

Pengarah

Kepala Sekolah

2 Drs. Erman Zeni Penanggung Jawab

Waka. Kurikulum

3 Drs. M. Wahit, MPSA

NIP

Ketua Pelaksana

Guru

4 Drs. Mulyanto

NIP

Sekretaris

Guru

5 Drs. Suroto

NIP

Anggota

Guru

BAB III

ANGGARAN

Kegiatan pelatihan ini dibiayai oleh Komite Sekolah, dengan perincian sebagai berikut:

No

Uraian

Jumlah

Ket

1

2

3

4

Insentif Panitia

Transport Pelatihan 2 orang

Transport Pelatihan Kaprog 7x3x30.000

Transport Pelatihan PA/Walas 27x3x30.000

Rp 1.200.000

Rp    100.000

Rp    630.000

Rp 2.430.000

 

Jumlah

Rp 4.360.000  

 

BAB IV

PENUTUP

 

Demikian proposal ini kami buat, dengan harapan kegiatan pelatihan SAS,  ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Jakarta, 2 November 2010

Ketua,                                                                        Sekretaris.

 

 

 

 

 

Drs. M. Wahit, MPSA                                                    Drs. Mulyanto

NIP                                                                                       NIP

 

 

 

 

Mengetahui,

Kepala SMK Negeri  Jakarta,                                          Wakabid. Kurikulum

 

 

 

 

 

Drs. Dedi Dwitagama,M.M.,M.Si                               Drs. Erman Zeni

NIP.                                                          NIP.

Both comments and trackbacks are currently closed.
%d blogger menyukai ini: